Main Menu

Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Our school

 SMA PEMBANGUNAN JAYA
 Sidoarjo

1 Oktober hari ini diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, Sedangkan 1 Juni diperingati dengan Hari Lahir Pancasila, kedua tanggal tersebut memiliki makna dan arti yang berbeda. Banyak orang yang masih bingung apa perbedaan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Lahir Pancasila. Walaupun pada dasarnya, sama-sama memperingati Ideologi Pancasila.

Lahirnya Pancasila merupakan judul Pidato Ir. Soekarno, yang disampaikan dalam sidang "Dokuritsu Junbi Chosakai‟ atau dalam bahasa Indonesia berarti "Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan‟, pada tanggal 1 Juni 1945. Lima Sila Pancasila Versi Bung Karno adalah sebagai berikut:

1. Believe in God (Percaya kepada Tuhan YME).

2. Nationality (nasionalisme).

3. Humanity (berperikemanusian).

4. Democracy (demokrasi).

5. Social justice (keadilan sosial)

Mulai tahun 2017, Hari Lahir Pancasila ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keppres nomor 24 tahun 2016. Tiap Tanggal 1 Oktober, Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila. 56 tahun yang lalu terjadi pemberontakan G30S PKI 30 September 1965. Tragedi yang menewaskan tokoh-tokoh penting di Indonesia tersebut, sangat lekat hubungannya dengan penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Pemberontakan PKI yang menewaskan 6 jendral dan 1 kapten memiliki tujuan untuk mengkudeta pemerintahan Presiden Soekarno dan mengganti Ideologi Pancasila menjadi Komunis.

#spjsidoarjo

#spjbintaro

#spjhebat

Back to top