Main Menu

Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Our school

 SMA PEMBANGUNAN JAYA
 Sidoarjo

Kesehatan mental merupakan aspek penting dalam mewujudkan kesehatan yang menyeluruh. Namun di sebagian besar negara berkembang, masalah kesehatan mental belum diprioritaskan. Pandemi Coronavirus-19 (COVID-19) menjadikan kesehatan mental menjadi isu penting bagi dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi kesehatan mental sebagai komponen integral dari penanggulangan COVID-19. Pandemi COVID-19 dengan transmisi penularan yang masif dan tingkat kematian yang tinggi menyebabkan masalah yang mengarah pada gangguan mental. Kebijakan kesehatan mental di Indonesia harus mengoptimalkan integrasi layanan kesehatan mental. Pendekatan berbasis masyarakat dapat memperluas cakupan pelayanan kesehatan mental pada masa Pandemi COVID-19. Pemerintah harus mengintegrasikan layanan kesehatan mental ke dalam layanan berbasis masyarakat sebagai cara untuk memastikan cakupan universal pelayanan kesehatan mental. Model pemberdayaan partisipatif dan bottom-up menjadi pilihan yang rasional, untuk mengatasi masalah sumber daya dan stigma sebagai penghalang keberhasilan program kesehatan mental di Indonesia.

SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo mengedukasi masyarakat dengan berkumpul bersama membahas tema yang menarik tentang "Mengelola Stress di Masa Pandaemi Bersama Penyintas Covid-19". Ada tiga narasumber yang kita undang untuk berbagi pengalamannya selama terkena Covid-19 dan bagaimana mereka mengelola kesehatan mentalnya agar imun tubuh tetap bisa kuat melawan virus ini. Ada Bapak Mifdal Zusron Al Faqi (Dosen Universitas Negeri Malang) yang terkena Covid-19 parah dan berhaisl sembuh. Ada Ibu Marliana Junaedi (Dosen UKWM Surabaya dan Wali Murid Ananda Christoper Benjamin X IPS) yang satu keluarga sempat terpapar Covid-19. Serta Bapak Budiono (Branch Head PT. Garuda Food dan Wali Murid Ananda Axel Caesareno Putra Shelby XII IPS) yang juga terkena Covid-19. 

Dari sharing yang telah disampaikan oleh narasumber tersebut, terdapat kesimpulan bersama bahwasannya menjaga kesehatan mental di saat pandemi Covid-19 ini sangat penting sekali. Karena apabila mental kita terganggu maka dapat menurunkan level kemampuan imun tubuh untuk menangkal virus itu sendiri. Guna menjaga kesehatan mental. ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Diantaranya, menyibukkan diri dengan kegiatan hobi, olahraga bahkan interaksi lebih banyak dengan anggota keluarga dalam rumah dengan tidak lupa tentunya menjalankan portokol kesehatan 3M. Batasa konsumsi berita atau media sosial, jika merasa cemas, stres atau kelelahan. Lakukan latihan yang membantu membuatmu merasa lebih tenang, seperti mindfulness, meditasi, atau yoga. Manfaatkan waktu di rumah untuk merawat diri, dan menjaga kesehatan fisik. Tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan orang terkasih melalui telepon, pesan, atau media sosial. Bekali diri dengan informasi yang penting, termasuk mengenai layanan kesehatan mental di sekitar kamu.

Back to top